free hit counter

Gara-gara Transportasi, Pasokan Daging Jadi Terlambat

Selasa, 10/04/2012

NERACA

Jakarta - Kementerian Perdagangan mengakui terjadinya kelangkaan pasokan daging sapi yang terjadi di ibu kota, Jakarta. Namun, kelangkaan tersebut lebih disebabkan lantaran keterlambatan distribusi dari daerah produsen daging sapi di daerah. Faktor cuaca yang menghambat jalur distribusi laut menjadi penyebab keterlambatan ini.

"Distribusi dalam negeri terkendala masalah transportasi. Selama ini pasokan daging sapi di Jakarta dipenuhi dari Jawa Timur dan NTB (Nusa Tenggara Barat). Gelombang laut yang tinggi menyebabkan penundaan distribusi sehingga ada keterlambatan sedikit," ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Gunaryo di Jakarta, Senin (9/4).

Dia menjelaskan, selama ini pasokan daging sapi ibu kota dipenuhi dari dalam negeri. Pemerintah juga melakukan importasi daging sapi lantaran produktivitas daging sapi dalam negeri belum dapat memenuhi kebutuhan akan komoditas tersebut.

Importasi daging sapi, jelas Gunaryo, dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan restoran, hotel dan catering yang hanya membutuhkan daging sapi jenis dan bagian tertentu. Diakuinya, pasokan daging sapi impor semakin berkurang.Next

BERITA TERKAIT